Resume filsafat ilmu

Resume, research Papers - academia

Indera ataukah pengetahuan padahal kalau mulai pada dengan indera. Kita mengalami kesulitan unutuk membedakan antara kesan dan kenyataan. Sedangkan kalau mulai dengan pikiran kita pun jatuh dalam kesulitan untuk menjelaskan bagaimana pikiran bisa keluar dari dirinya dan menjangkau kenyataan di luarnya. Untuk bisa memahami persoalanya dengan jelas, baiklah kita mulai dengan pendekatan dari indera, dan kemudian pendekatan dari budi. Pendekatan dari indra menurut John locke yang digunakan untuk mnangkap pengalaman merupakan fotokopy dari kualitas objek. Tetapi sejauh manakah fotokopy itu tidak menyelewengkan objeknya? Untuk itu john locke membedakan objek menjadikan kualitas primer dari kualitas sekunder.

Sebab perhatian utama pemgetahuan adalah mencari kepastian yang help tak tergoyahkan. Di dalam upayanya untuk mendapatkan kepastian tersebut. Descartes melalui keraguan metodis universal menemukan bahwa dasar terkokoh adalah cogito, ergo sum ( saya piker, berarti saya ada ). Tetapi karena cogitomerupakan kegiatan spiritual maka dia membedakan dua jenis subtansi, yaitu subtansi spiritual (res cogitans) dan subtansi material (res extensa). Namun dikotomi tersebut menimbulkan pertanyaan: bagaimanakah pikiran bisa keluar dari dirinya dan menjangkau hal-hal diluar dirinya? Pemisahan secara tegas antara pikiran dan benda material memustahilkan pengetahuan, kerena terjadinya pengetahunjustru dikarenakan menyatunya dua unsure tersebut. Maka banyak filsuf(skolastik, fenomenolog, eksistensialis) menegaskan bepolaritas kesadaran:kesadaran diri akan yang lain. Tetapi bipolaritas kesadaran ( yang tercermin didalam indera meskipun menyingkirkan subjektivisme dan objektivisme murni. Tidaklah menyelesaikan permasalahan secara tuntas. Sebab masih ada soal bagaimana membedakan kesan dari kenyataan? Maka persoalan pokok: mana yang memberi pengetahuan?

resume filsafat ilmu

Resume, hukum Administrasi negara - kuliah hukum Online

Maka awal epistemology adalah kekaguman terhadap pengetahuan. Kekaguman tersebut menjadi begitu nyata kalau commond sense ( angapan umum/akal sehat) dipertentangkan dengan sains. Karena kemajuan sains yang hasilnya sangat mengesankan, banyak orang yang berpendapat bahwa pengetahuan yang dapat diandalkan adalah sains, sedangkan commond sense harus menyesuaikan diri denganya. Kadang-kadang anggapan itu sampai pada keyakinan bahwa commond sense bertolak dari kesan, sedangkan sains bertolak dari kenyataan sebagaimana adanya. Namun pikiran selalu berusaha mengekpresikan diri dengan dasar-dasar kepastian yang kokoh, berarti pengetahuan berkaitan dengan erat dengan ekpresi. pengetahuan mengekpresikan pengalamanya sendiri, bukan sekedar mengalami. Sedangkan bentuk strange pokok ekspresi adalah pertimbangan (judgment). Untuk itu epistemology berusaha memperhatikan dasar pertimbangan yaitu. Hakikatnya jangkauan dan asal evidensi yang mendukung kepastian.

resume filsafat ilmu

Resume, jurnal Ilmiah Internasional Pdf download

Beralih kepada bentuk pengetahuan yang lain, yaitu pengetahuan ilmu ( ilmu pengetahuan). Ilmu pengetahuan bertujuan membantu manusia mempermuda pelaksanaan kehidupannya atau untuk mensejahterakan manusia. Disegi lain, dapat pula bertujuan menyusahkan atau menghancurkan manusia apabila ilmu dan teknologi itu dipergunakan untuk tujuan perang dan menciptakan senjata mutakhir. Contoh : perang dunia ke 2 berakhir dengan penciptaan Bom atom oleh. Enstein yang di jatuhkan di hirosima (Nagasaki ). dasar-Dasar Epistemologi filsafat Dengan Ilmu pengetahuan Episteme berarti pengetahuan. Epistimologi adalah cabang filsafat yang berbicara mengenai pengetahuan. Sebagai cabang filsafat, epistimologi mempelajari dan mencoba menentukan hakikat dan skope pengetahuan, pengandaia-pengandaian dan dasarnya, serta pertanggung jawaban atas pernyataan mengenai pengetahuan yang dimiliki. Awalnya filsafat itu timbul adanya kekaguman terhadap pengalaman biasa, harian yang menyebabkan seseorang terdorong plan untuk menyelidikinya.

Kita harus menjadi orang yang sungguh sungguh mandiri, terutama dalam lapangan kerohanian dan menyempurnakan cara kita berfikir, dan memiliki sifat kritis. Disinilah pentingnya pelajaran filsafat logika. Filsafat dengan fungsinya sebagai mater scientiarum (induk ilmu pengetahuan( bearti mencakup semua ilmu pengetahuan khusus. Filsafat sebagai pengangan manusia pada masa itu, dalam mengarungi hidup dan kehidupan. Dengan menguasai filsafat zaman itu(sebelum masehi dapatlah seorang ahli menjawab segala permasalahan didunia ini, baik masalah manusia sendiri,alamnya, mauupun Tuhanya. Dalam perkembangan selanjutnya, sejalan dengan perkembangan zaman, meningkatnya kebutuhan hidup manusia, dan berkembangnya kehidupan modern maka semakin terasalah kebutuhan untuk menjawab segala tantangan manusia yang ada. Dalam keadaan yang demikian, lahirlah ilmu - ilmu pengetahuan khusus. Momentum pemisahan antara filsafat dengan ilmu pengetahuan khusus bermula sekitar abad pertenghan. Pada saat lahirnya zaman renaissance (misl ilmu fisika dan matematika).

Resume buku istiab (Fathi yakan) - mohammad Kamiluddin

resume filsafat ilmu

Guaranteed High quality: top resume editing websites

Sepanjang kemungkinan yang ada pada budi nurani manusia sesuai kemmampuannya. 9) Afred Nort Withchead filsafata adalah keinsafan dan pandangaan jauh kedepan dan suatu kesadaran akan hidup. Pendeknya, kesadaran dan kepentingan yang memberi semagat kepada seluruh usaha peradaban manusia 10) maurice marieau ponty (seorang tokoh filsafat modern excistencialisme). Jasa dari filsafat itu terletak dalam sumber penyelidikannya, sumber itu adalah eksistensi dan dengan sumber itu kita bisa berfikir tentang manusia. 11) Gabriel Marcell (excistencialisme) hakekatnya manusia itu terletak dalam hasratnya untuk berkomunikasi untuk bersatu dengan Person atau pribadi lain dengan penuh kepercayaan. Dan itu hanya mungkin karena hasrat manusia untuk percaya kepada toi absolu, kepada dikau yang mutlak yautu tuhan sendiri. Sumber: filsafat -sejarah ixzz2LMXnUlzc tujuan Filsafat Setelah penelusuran itu, kita dapat menyimpulkan homework 4 tujuan umum pelajaran filsafat yaitu:.

Dengan berfilsafat kita dapat memanusiakan diri, lebih mendidik dan membangun diri sendiri. Dapat mempertahankan sifat yang objektif dan mendasarkan pendapat pengetahuan yang objektif, tidak hanya berdasarkan pertimbangan-pertimbangan simpati dan antipati saja. Mengajar dan melatih kita memandang dengan luas. Jadi, menyembuhkan kita dari kepicikan, dari aku isme dan aku sent isme, hanya mementingkan aku hanya saja, yang dapat merugikan perkembangan manusia seutuhnya. Dengan pelajaran filsafat, kita diharafkan menjadi orag yang dapat berfikir sendiri, tidak menjadi yes man atau yes woman.

Hoesin bahwa filsafat memberikan kepuasan kepada keinginan manusia akan pengetahuan yang tersusun dengan tertib akan kebenaran. Takdir Alisyabana bahwa filsafat dapat memberikan ketenangan fikiran dan kemantapan hati, meskipun sekalipun maut. Dalam tujuannya yang tunggal ( yaitu kebenaran) itulah letak kebesarannya, kemuliaan. Kebenaran disini dalam arti yang sebenar-benarnya dan seluas-luas baginya itulah tujuan yang tertinggi dan satu-satunya. 4) Menurut Radhakrishnan tugas filsafat bukanlah sekedar mencerminkan semangat masa dimasa hidup melainkan membimbing maju. Funsi filsafat adalah rekreatif, menetapkan nilai, menetapkan tujuan, menentukan arah dan tujuan yang baru.


5) Beberapa pendapat diatas sangatlah berbeda dengan soemadi soerjabrata, mempelajari filsafat adalah mempertajam pikiran. Dimana berfilsafat tidak hanya sekedar mengetahui, melainkan harus mempraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Orang mengaharapkan bahwa filsafat akan memberikan kepadanya dasar-dasar pengetahuan yang membutuhkan hidup secara baik. Filsafat harus mengajar manusia, bagaimana ia harus hidup bahagia dan baik. 6) Plato bahwa ia merasakan berfikir dan memikirkan itu sebagai suatu nikmat yang luar biasa sehingga diberi peredikat sebagai keinginan yang maha berharga. Sebagai pelopor filsafat modern dan pelopor pembaharuan dalam abad ke 17 yang terkenal dengan ucapan cegito ergo sum (karena berfikir, maka saya ada) sebagai landasan filsafatnya. Berfilsafat berarti berpangkal pada sesuatu kebenaran yang fundamental atau pengalaman yang asasi. Filsafat adalah pikiran manusia yang radikal, dengan menyampaikan pendapat dan pendirian-pendirian yang diterima saja dengan mencoba memperlihatkan pandangan yang merupakan akar dari lain-lain pandangan dan sikap praktis. Pandangan diarahkan kepada sebab-sebab yang terakhir atau sebab pertama ( filsafat causis dan tidak diarahka kepada yang terdekat (secundari causis).

Proquest Most-Accessed Dissertations and Theses

Sampai dimaka pengharapan kita? Apakah yang dinamakan oleh manusia? Dr.Faud Hasan, guru besar psikologi ui, menyimpulkan : Filsafat ialah suatu ihktiar untuk berfikir radikal, artinya mulai dari radikalnya suatu gejala, dari akarnya suatu hal yang hendak dimasalahkan. Dan dengan jalan penjajagan yang radial itu filsafat berusaha untuk sampai kepada kesimpulan atau yang universal. Drs, h,hasbulah trunk bakri merumuskan, ilmu filsafat ialah ilmu yang menyelidiki twist segala sesuatu dengan mendalam mengenai ketuhanan,alam semesta dan manusia, sehinga dapat menghasilkan pngetahuan tentang bagaimana hakekatnya sejauh yang dapat capai akal manusia dan bagaimana sikap manusia itu seharusnya setelah mencapai pengetahuan itu. Sumber : m/2013/04/ filsafat ml manfaat Filsafat 1) Menurut Harold. Titus, filsafat adalah suatu usaha untuk memahami alam semesta, maknanya dan nilainya. Apabila tujuan ilmu adalah control dan tujuan seni adalah kreaktifitas, bentuk keindahan dan ekspresi. Maka, tujuan filsafat adalah pengertian dan kebijaksanaan.

resume filsafat ilmu

Marcus Tullius Ceciro (106 sm-43 SM). Politikus dan pidato romawi, merumuskan filsafat adalah pengetahuan tentang sesuatu yanga maha agung dan usaha untuk mencapainya. Al-farabi (wafat 950 M). Filosuf muslim terbesar sebelum ibnu sina mengatakan : filsafata adalah ilmu pengetahuan tentang alam maha ujud dan bertujuan menyelidiki hakekata yang sebenarnya. Imanuel Khant (1724 m- 1804 M). Yang disebut sebagai raksasa pikir barat, mengatakan bahwa: filsafat itu ilmu pokok segala pangkal favourite dan pengetahuan yang mencakup didalamnya 4 persoalan yaitu: apakah yang dapat kita ketahui?, (dijawab oleh metafisika). Apakah yang boleh kita kerjakan?

Tegasnya: berfilsafat adalah berfikir dengan sadar, yang mengandung pengertian secara teliti dan teratur, sesuai dengan aturan dan hukum-hukum berfikir yang teratur. Berfikir filosofi harus dapat menyerap secara keseluruhan apa yang ada pada alam semesta, tidak sepotong-potong. Jadi, filsafat adalah hasil akal seseorang manusia yang mencari dan memikirkan dengan sedalam-dalamnya tentang suatu kebenaran. Atau dengan kata lain kegiatan berfikir manusia yang berusaha untuk mencapai kebijaksanaan dan kearifan. Sumber: filsafat -sejarah ixzz2LMXnUlzc, beberapa definisi menurut ahli filsafat, karena luasnya lingkungan ilmu berfilsafat, yang jelas para ahli filsuf memberikan pengertian yang berbeda mengenai definisinya. Plato (475-347SM) ia seorang filsuf yunani yang termasyur murid Socrates dan guru aristoteles. Ia mengatakan bahwa filsafat dalah pengetahuan tentang segala yang ada ilmu pengetahuan yang berminat mencapai kebenarann yang asli. Aristoteles (382 sm-332 sm filsafat adalah ilmu pengetahuan yang meliputi kebenaran yang tergantung didalamnya ilmu - ilmu metafisika, logika, retorika, etika, ekonomi, politik dan estetika ( filsafat adalah menyelidi segala seabab benda dan asas benda).

Kebijaksanaan ini pun kata asing, adapun artinya yaitu pandai: mengerti dengan mendalam. Jadi apabila definisi diatas ditarik batasan artinya adalah ingin mengerti dengan mendalam atau cinta akan kebijaksanaan. Segi praktinya: dilihat dari segi pengertian praktis, filsafat berarti alam pikiran alam berfikir. Namun tidak semua berfikir dikataka berfilsafat. Berfilsafat adalah berfikir secara mendalam dan desk sungguh-sungguh.(Ahmadi, 1982:9). Jadi, tidak semua berfikir dapat dikatagorikan berfikir. Berfikir dikatagorikan berfilsafat apabila berfikir tersebut mengandung tiga ciri pokok yaitu: berfikir radikal, berfikir universal dan berfikir sistematis. Berfikir radikal yaitu berfikir sampai keakar-akarnya, tidak tanggung-tanggung sampai pada konsekkuensi yang sa juga dikatakan berfikir tidak separuh-paruh, tidak berhenti dijalan, tatapi terus sampai pada tujuannya.

Mike, mansfield - wikipedia

Pengertian, filsafat, sejarah, pengertian, filsafat, ada banyak orang berkata bahwa orang harus berfilsafat, tapi kadangkalah orang sering kali belum tentu mengerti apa sebenarnya filsafat? Demikianlah pertanyaan awal yang harus dipahami manakalah ingin mengerti apa sebenarnya ilmu filsafat. Dibawah ini saya akan memberikan gambaran lebih rinci agar mudah memahami manakalah ingin belajar apa sebenarnya ilmu filsafat tersebut. Istilah filsafat dapat ditinjau dari dua segi, yakni: Segi logatnya: filsafat berasal dari bahasa way Arab falsafah yang bersal dari bahasa yunani philosopia. Dalam bahasa yunani kata philosopia itu merupakan kata majemuk yang terdiri dari kata Philos dan Sophia. Philos artinya cinta dalam arti yang seluas-luasnya. Berarti menginginkan sesuatu, karena menginginkan sesuatu, maka keinginan tersebut harus dicapai sampai terpenuhi. Sedangkan Sofia artinya kebijaksanaan atau cinta kebenaran.


resume filsafat ilmu
All products 47 Artikelen
On the thesis of the lottery eve of the auditor. Phobias and ways to treat them.

5 Comment

  1. Answers for What is an autobiography essay? Summary (Masterpieces of American Fiction) Father and son overcome ethnic prejudice and economic disadvantages by learning to profit from the good and evil aspects of human nature. The Craft of Scientific Writing, 3rd Edition Michael Alley. Check out some of the easiest ways to write a high-quality memoir.

  2. Oleh : Rudiansyah Latar Belakang Masalah Filsafat merupakan suatu ilmu pengetahuan yang bersifat ekstensial, artinya sangat erat hubungannya dengan kehidupan kita sehari-hari.

  3. Pada mulanya kata filsafat berarti segala ilmu pengetahuan yang dimiliki manusia. Filsafat kemudian dibagi menjadi dua bagian yakni, filsafat teoretis dan filsafat praktis. Filsafat ilmu adalah dua kata yang saling terkait, baik secara substansial maupun historis karena kelahiran ilmu tidak lepas dari peranan filsafat, sebaiknya perkembangan ilmu memperkuat keberadaan filsafat. Filsafat ilmu merupakan telaah kefilsafatan yang ingin menjawab pertanyaan mengenai hakikat ilmu, yang ditinjau dari segi ontologis, epistemelogis maupun aksiologisnya.

  4. Demikianlah pertanyaan awal yang harus dipahami manakalah ingin mengerti apa sebenarnya ilmu filsafat. Filsafat Ilmu ; Filsafat. Filsafat adalah ilmu yang mempelajari dengan sungguh-sungguh hakikat.

  5. Resume filsafat Ilmu, suatu kajian Dalam Dimensi Ontoligis, Epistemologis, dan Aksiologis Penulis : Drs. Banyak dikalangan mahasiswa memiliki pandangan yang keliru mengenai filsafat ilmu, mereka melihat atau memandang filsafat ilmu sering diidentikkan sebagai ilmu filsafat. Resume filsafat, umum, filsafat. Elvinaro Ardianto, bambang q-anees, filsafat Ilmu, komuniikasi, bandung: Simbiosa rekatama media, 2007.

Leave a reply

Your e-mail address will not be published.


*